Minggu, 10 April 2011

Kota Kendari di Musim Hujan

Musim penghujan masih terus berlanjut
awan mendung masih tetap menggelayut di langit kota kendari...
Sebenarnya gak masalah kalau hujan, tetapi yang masalah kalau terjadi banjir. Banjir ada dimana-mana. Jalan raya kota saja jadi tergenang. Tetapi untunglah banjir cepat reda.
Kawasan Kota Kendari yang berada di pinggir laut memiliki ciri khas tersendiri sebagai kota pantai. Proyek pembangunan begitu gencar dilaksanakan, para pengusaha membangun ruko-ruko dan kawasan perumahan di atas tanah yang awalnya masih berupa rawa, atapun bekas tambak yang disulap menjadi kawasan perumahan dengan ditimbun. Alih-alih jika hujan turun cukup deras dalam dua jam saja maka pasti terjadi genangan air yang cukup besar, selokan yang dibuat pemerintah kadang tertimbun oleh tanah timbunan sehingga saluran air jadi terhambat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya genangan air.
Sebaiknya para pengusaha bersikap arif dan bijaksana dalam melakukan pembanguan dengan memperhatikan hak hidup orang banyak, dan pemerintah kota selayaknya menetapkan aturan yang tegas dalam merencanakan pembangunan yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar